Membaca
merupakan kegiatan yang membutuhkan sejumlah keterampilan, seperti memperhatikan,
melihat, hati-hati kepada tulisan, mengingat bunyi huruf, dan kemampuan menerka
bahasa. Anak usia dini mengeluarkan banyak energi untuk membaca, sehingga jika
anak menunjukkan tanda frustasi, berarti guru harus benar-benar berhenti (Aisyah,
2007: 645). Crawley dan Mountain dalam Farida Rahim (2005: 2) mengutarakan
pendapat bahwa Membaca adalah sesuatu yang melibatkan banyak hal, tidak sekedar
melafalkan tulisan, tetapi melibatkan aktivitas visual, berpikir,
psikolinguistik, dan meta kognitif. Sebagai proses visual membaca merupakan
proses menerjemahkan simbol tulis (huruf) ke dalam kata-kata lisan. Sebagai
proses berpikir, membaca mencakup aktivitas pengenalan kata, pemahaman literal,
interpretasi, membaca kritis, dan pemahaman kreatif.
اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Komentar
Posting Komentar