Langsung ke konten utama

KATA PENGANTAR LAPORAN KKN



KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga akhirnya kami dapat merampungkan penyusunan laporan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah selesai dilaksanakan, Shalawat serta salam tak lupa kami haturkan keharibaan junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarga, para sahabat, dan pengikut beliau, karena beliaulah kita sekarang ini memiliki agama yang benar yaitu agama Islam.
Laporan kegiatan ini dibuat sebagai tugas akhir dalam agenda pelaksanaan KKN Mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin semester ganjil tahun 2014. Laporan ini dapat terselesaikan tidak lepas dari bantuan dan dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Bapak AsikinNoor ,M.Ag. Selaku Supervisor dalam melaksanakan KKN di Desa Pemuda Kecamatan Pelaihari yang telah banyak membantu dan memberikan bimbingan, motivasi, serta petunjuk kepada kami.
2.      Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) IAIN Antasari Banjarmasin, selaku Badan Pelaksana KKN yang telah mempercayakan kepada kami untuk melaksanakan KKN dilokasi yang telah kami tempati selama KKN.
3.      Bapak Pejabat Bupati Tanah Laut dan seluruh jajarannya yang telah membantu kami setiap pelaksanaan program kerja posko maupun kelompok.
4.      Kepala Desa Pemuda Kecamatan Pelaihari dan seluruh aparatur desa yang turut membantu kami selama dalam pelaksanaan KKN sehingga kami dapat melaksanakan program yang telah kami rancang.
5.      Ibu Camat Kecamatan Pelaihari beserta jajarannya yang telah banyak membatu kami dalam pelaksanaan KKN baik materi, tenaga, maupun moril.
6.      Seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga masyarakat Desa Pemuda  Kecamatan Pelaihari yang telah mendukung dan bermurah hati menerima kami selama melaksanakan KKN.
7.      Semua pihak secara langsung ataupun tidak langsung yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu sehingga selesainya pembuatan laporan ini.
Atas semua bantuan dan partisipasi semua pihak tersebut diatas kami doakan semoga Allah SWT memberikan balasan berupa ganjaran yang berlipat ganda dengan amal bakti semuanya.
Kami menyadari bahwa isi laporan ini banyak memiliki kekurangan dan kesalahan, dan kami bertujuan dengan laporan ini memberikan gambaran lokasi dan situasi serta kondisi Desa-desa mahasiswa yang ber-KKN di Desa Pemuda  Kecamatan Pelaihari, kami juga mengharapkan kritikan yang membangun untuk kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya, hanya kepada Allah SWT jua lah kami mengharapkan Ridho, Taufik dan Hidayah-Nya, kami berharap mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya dalam mengevaluasi kegiatan yang telah kami jalani untuk perbaikan di masa yang akan datang.
                                                                Banjarmasin, 6 Mei 2014
                                                               Penyusun,


                                                                                     Mahasiswa KKN
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL…………………………………………........................   i
KATA PENGANTAR.....................................................................................   ii
DAFTAR ISI.....................................................................................................   iv
BAB I        :    PENDAHULUAN
A.     Dasar Pemikiran...................................................................    1
B.     Ruang Lingkup KKN………………………………..........     2
C.     Arah dan Sasaran KKN……………………………………   2
D.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan KKN……………………    3
BAB II       :    DESKRIPSI PELAKSANAAN KKN
A.     Deskripsi Lokasi Desa Tempat KKN…………….……….     4
1.     Kondisi Geografi dan Penduduk……………………...    4
2.     Tingkat Pendidikan……………………………………    5
3.     Tingkat Ekonomi……………………………………....    5
4.     Kondisi Keagamaan…………………………………...    5
5.     Kondisi Tempat Ibadah……………………………….     6
B.     Program Kerja KKN………………………………………    6
1.     Bidang Keagamaan……………………………………    6
2.     Bidang Umum (Lintas Sektoral)……………………....    8
3.     Bidang Khusus………………………………………...    9
C.     Pelaksanaan Program Kerja KKN………………………...     9
D.     Program Kerja yang Belum Terlaksana dan Kendalanya....     12
BAB III     :    EVALUASI
A.     Peran Mahasiswa…………………………………………      14
B.     Tanggapan Masyarakat…………………………………...      15
BAB IV     :    KESIMPULAN DAN SARAN
A.     Kesimpulan……………………………………………….      17
B.     Saran-saran………………………………………………..     18
Lampiran-Lampiran



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunnah Harian

Bentuk-bentuk Dakwah

Bentuk-bentuk dakwah dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu: 1.       Dakwah bi al-lisan , artinya penyampaian pesan dakwah melalui lisan berupa ceramah, khutbah, pidato, nasihat atau komunikasi antara da’i dan mad’u . Dalam menyampaikan pesan dakwah, da’i harus berbicara dengan gaya bahasa yang berkesan, menyentuh dan komunikatif. Bahasa lisan yang harus digunakan dalam berdakwah yaitu perkataan yang jujur, solutif terhadap permasalahan yang dihadapi mad’u, menyentuh kalbu, santun, menyejukan dan tidak provokatif serta tidak mengandung fitnah. 2.       Dakwah bi al-Qalam ialah suatu kegiatan menyampaikan pesan dakwah melalui tulisan, seperti kitab-kitab, buku, majalah, jurnal, artikel, internet, spanduk, dan lain-lain. Karena dimaksudkan sebagai pesan dakwah, maka tulisan-tulisan tersebut tentu berisi ajakan atau seruan mengenai amar ma’ruf dan nahi munkar. Dakwah bi al-Qalam itu memiliki banyak keunikan dan kelebihan, yakni suatu tulisan tidak dibatasi ruang dan wa

maf’ul bih terbagi menjadi dua

Perlu diketahui bahwa maf’ul bih terbagi menjadi dua 1. Sharih Maf’ul bih yang Sharih terbagi juga menjadi dua : a.) Isim Zhahir. Contoh : a. قتل قردا جميلا (Dia membunuh seekor monyet yang bagus) قتل قردا جميلا فعل الماضى مفعول به : منصوب بالفتحة منعوت نعت Maf’ul bih diatas berupa isim mufrod, ‘alamat nashabnya adalah fathah. b. ستلقي اباها غدا(Besok dia akan bertemu dengan ayahnya) ستلقي اباها غدا فعل المضارع مفعول به : منصوب بالألف لأسماء الخمسة ظرف الزمان Contoh Maf’ul bih diatas berupa Asmaul Khomsah (اسماء الخمسة ), dan ‘alamat nashabnya berupa alif c. أ رأيت درّاجاتٍ في قريب البيت؟ sepeda-sepeda didekat rumah itu) (Apakah dirimu melihat أ ...رأي..... ..ت السياراتِ حرف الإستفهام فعل الماضي فاعل مفعول به : منصوب بالكسرة Maf’ul bih diatas berupa jamak muanats salim, dan ‘alamat nashabnya berupa kasroh. b.) Isim Dhamir Dhamir terbagi menjadi dua : 1.) Dhamir Muttashil. Jumlahnya ada dua belas. Contoh : § ضربني : dia telah memukulku § ضربنا : dia