---
1. Struktur Modul Ajar Kelas 1
Modul ajar biasanya memiliki komponen berikut:
A. Identitas Modul
Nama sekolah
Kelas/Semester: 1 / (Ganjil atau Genap)
Mata Pelajaran: (Contoh: Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn)
Tema dan Subtema: (Jika sesuai Kurikulum Tematik)
Alokasi Waktu: (Misalnya, 2 minggu)
B. Tujuan Pembelajaran
Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai siswa dalam satu modul. Contoh:
Siswa dapat mengenal dan menulis huruf vokal dan konsonan.
Siswa mampu menghitung benda 1–10 dengan benar.
C. Profil Pelajar Pancasila
Menunjukkan nilai yang dikembangkan dalam pembelajaran, seperti:
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
Gotong royong
Kreatif
D. Materi Pembelajaran
Disusun sesuai kompetensi dasar yang diajarkan. Contoh:
Bahasa Indonesia
Mengenal huruf A-Z
Membaca kata sederhana
Matematika
Mengenal angka 1-10
Penjumlahan sederhana
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (Membangun minat dan kesiapan siswa)
Guru bercerita atau menyanyi tentang materi yang akan dipelajari.
Tanya jawab sederhana terkait materi.
2. Kegiatan Inti (Aktivitas utama pembelajaran)
Menjelaskan materi dengan gambar atau alat peraga.
Latihan membaca atau berhitung.
Bermain sambil belajar (game edukatif).
3. Penutup
Refleksi sederhana (Apa yang kamu pelajari hari ini?).
Kesimpulan dan doa penutup.
F. Asesmen (Penilaian)
1. Asesmen Formatif (Selama proses pembelajaran)
Guru mengamati dan bertanya kepada siswa.
Tugas sederhana, seperti menulis huruf atau menghitung benda.
2. Asesmen Sumatif (Akhir pembelajaran)
Tes lisan atau tertulis.
Projek kecil, seperti menyusun huruf menjadi kata.
G. Sumber Belajar
Buku Tematik Kemdikbud
Lembar kerja siswa (LKS)
Media digital (video, aplikasi edukasi)
---
2. Contoh Format Modul Ajar
Modul Ajar Kelas 1 – Tema: Diriku (Bahasa Indonesia)
Identitas
Sekolah: SD Nusantara
Kelas/Semester: 1/Ganjil
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu: 2 Minggu
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengenal huruf A-Z
Siswa mampu membaca kata sederhana
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Guru mengajak siswa menyanyi lagu "A-B-C-D"
Tanya jawab tentang huruf-huruf yang sudah dikenal
Kegiatan Inti
Guru menunjukkan kartu huruf dan siswa menyebutkan namanya
Siswa menghubungkan huruf dengan gambar benda yang sesuai
Latihan membaca suku kata sederhana
Penutup
Refleksi: Huruf apa yang baru dipelajari?
Kesimpulan dan doa bersama
Asesmen
Guru mengevaluasi dengan meminta siswa menyebutkan huruf dan kata.
Latihan menulis huruf yang sudah dipelajari.
---
Kalau butuh contoh lebih spesifik untuk mata pelajaran tertentu atau format file (PDF/Word), saya bisa bantu lebih lanjut!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar