Langsung ke konten utama

SOAL Bahasa Indonesia SD KELAS TIGA

 Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D di depan pilihan jawaban yang benar !‎


KD 3.1‎

‎1.‎ Berikut yang termasuk benda adalah .... ‎

a.  meja ‎ b.  panas ‎ c. cahaya d. dingin


‎2.‎ Aldi mengumpulkan benda berbentuk lingkaran. Benda yang dapat Aldi kumpulkan yaitu ... ‎

a.  koin, roda, dan kotak pensil ‎ c.  bola, koin, dan buku

b.  pensil, buku, dan koin ‎ d.  koin, tutup gelas, dan ban


‎3.‎ Berikut ini termasuk benda padat adalah .... ‎

a minyak goreng, air, dan pulpen c.  meja, papan tulis, dan buku ‎

b. air, bensin, dan kecap ‎ d.  kecap, air, dan gandum ‎


‎4.‎ Ciko membeli es krim. Setelah didiamkan beberapa lama di tempat terbuka, es krim ‎berubah menjadi cair.  Perubahan wujud yang terjadi pada es krim adalah .... ‎

a.  mencair ‎ b.  membeku ‎ c. mengupas ‎ d.  menyublim


KD 3.4‎

‎5.‎ Bebek bertelur. Kelinci melahirkan. Mereka sama-sama ....‎

a.  berkembang biak ‎ c.  tumbuh ‎

b.  bergerak ‎ d.  bernafas ‎


‎6.‎ Contoh pertumbuhan yaitu ....‎

a. makin mahir menulis ‎ c. mampu bersepeda ‎

b. bertambahnya tinggi badan ‎ d.  semakin mahir berhitung ‎


‎7.‎ Karbohidrat banyak tardapat pada ....  ‎

a.  telur ‎ b. daging ‎ c. nasi ‎ d.  ikan


‎8.‎ ‎                                               Ciri makhluk hidup yang ditunjukkan pada gambar adalah .... ‎

a.  bergerak ‎

b.  berkembang biak dengan bertelur ‎

c. membutuhkan makan ‎

d.  bernafas


KD 3.5‎

‎9.‎ Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal No. 9 – 12 !‎


‎10.‎ Rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman lain disebut .... ‎

a. gulma ‎ b. nutrisi ‎ c. pupuk ‎ d. air


‎11.‎ Pembersihan tanaman dari gulma disebut .... ‎

a.  penyiraman ‎ b.  penyiangan ‎ c. pemupukan ‎ d.  pemangkasan ‎


‎12.‎ Dalam sebulan, tanaman cabai dapat diberi pupuk setiap .... sekali

a. tahun ‎ b. bulan ‎ c. minggu ‎ d. jam

KD 3.8‎


‎13.‎ Kegiatan yang termasuk istirahat adalah .... ‎

a.  Lusi duduk-duduk di bawah pohon rindang.  ‎

b.  Lina mengerjakan PR di teras rumah.  ‎

c.  Murid-murid berolahraga di lapangan.  ‎

d.  Dodi membantu orang membersihkan rumah. ‎

‎ ‎

‎14.‎ Berikut ini yang bukan merupakan manfaat istirahat adalah .... ‎

a.  menyegarkan badan ‎

b.  tidak mudah mengantuk saat beraktivitas

c.  membuat badan terasa cepat lelah ‎

d.  menyehatkan badan ‎


‎15.‎ Tidur larut malam membuat badan .... ‎

a. mudah lelah ‎ b. segar ‎ c. sehat ‎ d. bugar


‎16.‎ ‎                                                 Gambar di atas menunjukkan salah satu cara istirahat, yaitu .... ‎

a.  bersantai di rumah

b.  tidur‎

c.  menikmati udara segar‎

d.  mendengarkan lagu kesukaan


KD 3.10‎


‎17.‎ ‎ Dodi ingin berprestasl di sekolah.  Saran yang dapat kamu berikan kepada Dodi.. a.  Dodi ‎seharusnya rajin berolahraga setiap hari.  b.  Dodi hendaknya rajin belajar agar pintar.  c. ‎sebaiknya Dodi merapikan kamar setiap pagi.  d.  sebaiknya Dodi menggunakan payung ketika ‎hujan. ‎

‎18.‎ Guru sedang menjelaskan pelajaran di depan kelas.  Murid-murid sebaiknya.. a. memoting ‎pembicaraan guru  b.  berbicara sendiri dengan teman c. memperhatikan dengan saksama d.  ‎membaca di perpustakaan


‎19.‎ Perhatikan teks bacaan dibawah ini untuk menjawab soal nomor 4 dan 5 !‎




Masalah yang terdapat pada bacaan adalah ... ‎

a.  sampah dapat menyebabkan banjir.  ‎

b.  petugas kebersihan tidak melaksanakan kewajibannya. ‎

c. Banyak siswa menggunakan uang sakunya dengan boros.  ‎

d.  Banyak sampah berserakan di halaman sekolah.  ‎


‎20.‎ Kalimat yang Berisi saran adalah .... ‎

a.  halaman sekolah terlihat kotor karena banyak sampah bungkus makanan yang berserakan.  ‎

b.  murid-murid seharusnya membuang sampah pada tempatnya.  ‎

c. membuang sampah sembarangan membuat lingkungan sekolah menjadi kotor.  ‎

d.  lingkungan sekolah yang kotor membuat belajar menjadi tidak nyaman .‎



Selamat mengerjakan dan jangan lupa berdo’a









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunnah Harian

Bentuk-bentuk Dakwah

Bentuk-bentuk dakwah dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu: 1.       Dakwah bi al-lisan , artinya penyampaian pesan dakwah melalui lisan berupa ceramah, khutbah, pidato, nasihat atau komunikasi antara da’i dan mad’u . Dalam menyampaikan pesan dakwah, da’i harus berbicara dengan gaya bahasa yang berkesan, menyentuh dan komunikatif. Bahasa lisan yang harus digunakan dalam berdakwah yaitu perkataan yang jujur, solutif terhadap permasalahan yang dihadapi mad’u, menyentuh kalbu, santun, menyejukan dan tidak provokatif serta tidak mengandung fitnah. 2.       Dakwah bi al-Qalam ialah suatu kegiatan menyampaikan pesan dakwah melalui tulisan, seperti kitab-kitab, buku, majalah, jurnal, artikel, internet, spanduk, dan lain-lain. Karena dimaksudkan sebagai pesan dakwah, maka tulisan-tulisan tersebut tentu berisi ajakan atau seruan mengenai amar ma’ruf dan nahi munkar. Dakwah bi al-Qalam itu memiliki banyak keunikan dan kelebihan, yakni suatu tulisan tidak dibatasi ruang dan wa

maf’ul bih terbagi menjadi dua

Perlu diketahui bahwa maf’ul bih terbagi menjadi dua 1. Sharih Maf’ul bih yang Sharih terbagi juga menjadi dua : a.) Isim Zhahir. Contoh : a. قتل قردا جميلا (Dia membunuh seekor monyet yang bagus) قتل قردا جميلا فعل الماضى مفعول به : منصوب بالفتحة منعوت نعت Maf’ul bih diatas berupa isim mufrod, ‘alamat nashabnya adalah fathah. b. ستلقي اباها غدا(Besok dia akan bertemu dengan ayahnya) ستلقي اباها غدا فعل المضارع مفعول به : منصوب بالألف لأسماء الخمسة ظرف الزمان Contoh Maf’ul bih diatas berupa Asmaul Khomsah (اسماء الخمسة ), dan ‘alamat nashabnya berupa alif c. أ رأيت درّاجاتٍ في قريب البيت؟ sepeda-sepeda didekat rumah itu) (Apakah dirimu melihat أ ...رأي..... ..ت السياراتِ حرف الإستفهام فعل الماضي فاعل مفعول به : منصوب بالكسرة Maf’ul bih diatas berupa jamak muanats salim, dan ‘alamat nashabnya berupa kasroh. b.) Isim Dhamir Dhamir terbagi menjadi dua : 1.) Dhamir Muttashil. Jumlahnya ada dua belas. Contoh : § ضربني : dia telah memukulku § ضربنا : dia