Langsung ke konten utama

Postingan

Tauhid Asmâ 'dan Sifat

Tauhid Asmâ 'dan Sifat menyakini keesaan Alloh akan kesempurnaan yang mutlak, sifat-sifat kebesaran, keindahan dan keagungan yang tidak berhubungan dengan bersekutu dengan-Nya dalam hal ini, juga (percaya) semua yang Allah tetapkan untuk diri-Nya atau Rosululloh   tetapkan untuk-Nya tanpa takyif , ta'thil tahrif dan tamtsil.

Tauhid Uluhiyah

Tauhid Uluhiyah atau disebut pula tauhid ilahiyah atau tauhid ibadah, yaitu memahami, mengakui dan mempercayai dengan apa adanya Alloh hanya memiliki hak atas setiap jenis ibadah, dan tidak ada yang tahu hanya Dia juga tidak ada sesembahan yang benar-benar ada- Nya Tauhid  Uluhiyah merupakan tauhid yang paling  penting keberadaanya dan paling agung tingkatannya. 

Tauhid Rububiyah

Tauhid Rububiyah Yakni seorang hamba mempercayai bahwa Alloh adalah Yang Maha Memelihara (Robb) lagi Tunggal dalam arti, Mengurusi dan Memberi Rezeki.  Dialah yang menurunkan ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi semua rosul untuk semua hasil, seperti;  akidah yang benar, budi pekerti yang indah dan amal sholih serta seluruh kebaikan dalam syariat islam yang menjamin syariat-syariat sebelumnya.  

Dakwah Mauidzah al-hasanah (nasihat yang baik)

  Nasihat yang baik maksudnya adalah memberikan nasehat kepada orang lain dengan cara yang baik, berupa petunjuk-petunjuk ke arah kebaikan dengan huhasa yang baik yang dapat mengubah hati, agar nasehat tersebut dapat diterima, berkenan di hati, enak didengar, menyentuh perasaan, lurus di pikiran, mnghindari sikap kasar dan tidak boleh mencaci/menyebut kesalahan madu, tehingga mereka dengan rela hati dan atas kesadarannya dapat mengikuti ajaran yang disampaikan oleh pihak subyek dakwah. Imam Syaukani dikutip oleh Ali Musthafa Yakub menyatakan bahwa Mauidzah al-hasanah adalah ucapan yang berisi nasehat yang baik mendengarkannya, atau argumen-argumen yang memuaskan sehingga dapat membenarkan apa yang di sampaikan. dalam segala aspeknya.  Sikap lemah lembut (pengaruh) memghindari sikap egoisme adalah warna yang tidak terpisahkan dalam cara seseorang yang melancarkan ide-idenya untuk menggerakkan orang lain secara persuasif dan bahkan koersive(memaksa).  Caranya dengan memengaruhi objek dak

Dakwah Bil Hikmah

Dalam beberapa kamus, al-hikmah diartikan al-adl (keadilan), al-hilm (kesabaran dan ketabahan), al-ubuwah (kenabian), al-ilm (ilmu pengetahuan), Alquran, falsafah, kebijakan, pemikiran atau pendapat yang baik, al-haq (kebenaran), meletakkan sesuatu pada tempatnya, kebenaran sesuatu, mengetahui sesuatu yang paling utama dengan ilmu yang paling utama (Enjang, 2009: 88) Kata hikmah sering kali diterjemahkan dalam pengertian bijaksana, yaitu suatu pendekatan sedemikian rupa schingga pihak obyek dakwah mampu melakaanakan apa yang didak wahkan, atas kemauan sendiri, tidak mera ada pakan, konflik maupun rasa tertekan Dengan kata lain i ul-hikmah merupakan suatu metode pendekatan komunikasi yang dilakukan atas dasar persuasif. Karena dakwah bertumpu pada Auman oriented, maka konsekuensi logisnya adalah pengakuan dan penghargaan pada hak-hak yang bersifat demokratis, agar fungsi dakwah yang utama adalah bersifat informatif. Definisi hikmah yang refresentatif adalah ketepatan dalam perkataan. pe