Membaca merupakan kegiatan yang membutuhkan sejumlah keterampilan, seperti memperhatikan, melihat, hati-hati kepada tulisan, mengingat bunyi huruf, dan kemampuan menerka bahasa. Anak usia dini mengeluarkan banyak energi untuk membaca, sehingga jika anak menunjukkan tanda frustasi, berarti guru harus benar-benar berhenti (Aisyah, 2007: 645). Crawley dan Mountain dalam Farida Rahim (2005: 2) mengutarakan pendapat bahwa Membaca adalah sesuatu yang melibatkan banyak hal, tidak sekedar melafalkan tulisan, tetapi melibatkan aktivitas visual, berpikir, psikolinguistik, dan meta kognitif. Sebagai proses visual membaca merupakan proses menerjemahkan simbol tulis (huruf) ke dalam kata-kata lisan. Sebagai proses berpikir, membaca mencakup aktivitas pengenalan kata, pemahaman literal, interpretasi, membaca kritis, dan pemahaman kreatif.
اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ