Langsung ke konten utama

SOAL ULANGAN PKN SD KELAS TIGA


Nama  Siswa  : ...............................................‎ Mata Pelajaran  : PKn

Kelas               : III (Tiga)‎ Hari / Tanggal    : ..........................................‎


Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D di depan pilihan jawaban yang benar !‎


KD 3.1‎


‎1.‎ ‎                               Sila yang disimbolkan dengan gambar tersebut berbunyi... ‎

a.  Ketuhanan Yang Maha Esa ‎

b.  Kemanusiaan y.ang adil dan beradab ‎

c.  Persatuan Indonesia ‎

d.  Keadilan sosial b.agi seluruh rakyat Indonesia

‎ ‎

‎2.‎ Dodi memiliki hewan peliharaan, Dodi dapat mensyukurinya dengan cara.... ‎

a.  menelantarkannya c. menyayanginya ‎

b.  mengusirnya d. menyakitinya


‎3.‎ Setelah diajari Dodi, sebaiknya Yuda.... ‎

a.  meminta maaf ‎ c.  mengucapkan terima kasih ‎

b.  memberi ucapan selamat ‎ d. memberikan imbalan

‎ ‎

‎4.‎ Berikut ini wujud sikap tolong-menolong yaitu....‎

a. bekerja sama saat ujian ‎ c.  Risa membiarkan Susan saat sakit di kelas

b.  Tina Membantu Debi yang jatuh dari sepeda ‎ d.  memberi tahu jawaban pada teman saat ‎ujian .‎

‎5.‎ Rika membantu Ibu membuat kue. Gotong royong yang dilakukan  Rika terdapat di ‎lingkungan....‎

a.  rumah ‎ b.  sekolah ‎ c.  desa ‎ d.masyarakat‎


KD 3.2‎


‎6.‎ ‎                                                   Ketiga anak tersebut berbeda dalam hal  ... ‎

a. usia ‎ ‎ c. pakaian‎

b. cara duduk d. tata cara berdoa


‎  ‎






‎7.‎ Setiap agama memiliki tata cara masing-masing dalam beribadah. Ketiga  anak tersebut ‎sebaiknya saling....‎

a.  menghargai ‎ b.  menghina ‎ c. menghormati ‎ d.  mengejek


‎8.‎ Berikut peran yang tidak terdapat di sekolah adalah ... ‎

a. siswa ‎ b.  kepala sekolah ‎ c. guru ‎ d.  dokter


‎9.‎ Mencuci pakaian yang kotor merupakan kewajiban anak yang berkaitan dengan....‎

a.  perlindungan ‎ b.  makanan ‎ c. tempat tinggal ‎ d.  pakaian ‎


‎10.‎ Ayah Lisa sedang sakit. Kewajibanmu sebagai tetangga adalah .... ‎

a. diam saja b. acuh tak acuh ‎ c. menjenguknya ‎ d. membiarkannya


KD 3.3‎


‎11.‎ Salah satu kewajiban ayah adalah .... ‎

a.  menerima perlakuan baik ‎ c. mencari nafkah untuk kebutuhan keluarga‎

b.  belajar dengan tekun ‎ d. dihormati seluruh anggota  keluarga ‎


‎12.‎ Belajar dengan tekun termasuk .... ‎

a.  hak ibu ‎ b.  hak anak ‎ c. kewajiban anak ‎ d.  kewajiban ayah


‎13.‎ Pembagian tugas secara adil termasuk pengamalan sila .... Pancasila. ‎

a.  pertama ‎ b.  kedua ‎ c.  keempat ‎ d.  kelima


‎14.‎ Pembagian tugas secara adil berguna untuk... pengerjaan.  ‎

a.  mempersulit ‎ b.  memberatkan ‎ c. memperlambat ‎ d.  meringankan


‎15.‎ Mengantarkaan barang ke alamat tertentu termasuk tugas...  ‎

a.  perawat ‎ b.  dokter ‎ c. tukang pos ‎ d.  polisi


KD 3.4‎

‎16.‎ Banyak perbedaan yang  dijumpai dalam masyarakat disebut .... ‎

a.  keseragaman ‎ b.  kesamaan ‎ c. keberagaman ‎ d.  keserupaan


‎17.‎ Indonesia memiliki banyak suku. Kita harus saling... ‎

a.  bersaing ‎ b.  menghargai ‎ c.  melawan ‎ d.  berselisih‎


‎18.‎ Membantu Ibu menyapu halaman adalah contoh tolong-menolong di lingkungan.... ‎

a.  keluarga ‎ b.  sekolah  ‎ c.  masyarakat ‎ d.  warga


‎19.‎ Sikap bersatu menciptakan .... ‎

a. perselisihan ‎ b.  permusuhan ‎ c. kerukunan ‎ d. kesenjangan


‎20.‎ Tidak menghargai keragaman dapat menyebabkan .... ‎

a.  persatuan ‎ b. kerukunan ‎ c. kedamaian ‎ d. permusuhan



Selamat mengerjakan dan jangan lupa berdo’a


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunnah Harian

Bentuk-bentuk Dakwah

Bentuk-bentuk dakwah dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu: 1.       Dakwah bi al-lisan , artinya penyampaian pesan dakwah melalui lisan berupa ceramah, khutbah, pidato, nasihat atau komunikasi antara da’i dan mad’u . Dalam menyampaikan pesan dakwah, da’i harus berbicara dengan gaya bahasa yang berkesan, menyentuh dan komunikatif. Bahasa lisan yang harus digunakan dalam berdakwah yaitu perkataan yang jujur, solutif terhadap permasalahan yang dihadapi mad’u, menyentuh kalbu, santun, menyejukan dan tidak provokatif serta tidak mengandung fitnah. 2.       Dakwah bi al-Qalam ialah suatu kegiatan menyampaikan pesan dakwah melalui tulisan, seperti kitab-kitab, buku, majalah, jurnal, artikel, internet, spanduk, dan lain-lain. Karena dimaksudkan sebagai pesan dakwah, maka tulisan-tulisan tersebut tentu berisi ajakan atau seruan mengenai amar ma’ruf dan nahi munkar. Dakwah bi al-Qalam itu memiliki banyak keunikan dan kelebihan, yakni suatu tulisan tidak dibatasi ruang dan wa

maf’ul bih terbagi menjadi dua

Perlu diketahui bahwa maf’ul bih terbagi menjadi dua 1. Sharih Maf’ul bih yang Sharih terbagi juga menjadi dua : a.) Isim Zhahir. Contoh : a. قتل قردا جميلا (Dia membunuh seekor monyet yang bagus) قتل قردا جميلا فعل الماضى مفعول به : منصوب بالفتحة منعوت نعت Maf’ul bih diatas berupa isim mufrod, ‘alamat nashabnya adalah fathah. b. ستلقي اباها غدا(Besok dia akan bertemu dengan ayahnya) ستلقي اباها غدا فعل المضارع مفعول به : منصوب بالألف لأسماء الخمسة ظرف الزمان Contoh Maf’ul bih diatas berupa Asmaul Khomsah (اسماء الخمسة ), dan ‘alamat nashabnya berupa alif c. أ رأيت درّاجاتٍ في قريب البيت؟ sepeda-sepeda didekat rumah itu) (Apakah dirimu melihat أ ...رأي..... ..ت السياراتِ حرف الإستفهام فعل الماضي فاعل مفعول به : منصوب بالكسرة Maf’ul bih diatas berupa jamak muanats salim, dan ‘alamat nashabnya berupa kasroh. b.) Isim Dhamir Dhamir terbagi menjadi dua : 1.) Dhamir Muttashil. Jumlahnya ada dua belas. Contoh : § ضربني : dia telah memukulku § ضربنا : dia