Langsung ke konten utama

Orang yang dibenci Allah


Kajian Ba'da Subuh di Masjid Mujahidin
Penceramah : Ustad Drs. H. Khusnul Fathoni, M.Ag
Hari : Jum'at
Tanggal :  8 Jumadil awal 1441 / 3 Januari 2020

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللهَ يَبْغِضُ كُلَّ جَعْظَرِي جَوَّاظٍ سَخَابٍ فِي الأَسْوَاقِ جَيْفَةٌ بِاللَّيْلِ حِمَارٌ بِالنَّهَارِ عَالِمٌ بِالدُّنْيَا جَاهِلٌ بِالآخِرَةِ

“Allah sangat membenci orang ja’dzari (orang sombong), Jawwadz (rakus lagi pelit), suka teriak di pasar (bertengkar berebut hak), bangkai di malam hari (tidur sampai pagi), keledai di siang hari (karena yang dipikir hanya makan), pintar masalah dunia, namun bodoh masalah akhirat.” (HR. Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya 72 – Al-Ihsan. Syaikh Al-Albani menyatakan bahwa hadits ini dha’if, lihat Silsilah Al-Ahadits Adh-Dha’ifah, no. 2304. Adapun Syaikh Syu’aib Al-Arnauth dalam tahqiq Shahih Ibnu Hibban menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih  sesuai syarat Muslim)

Orang yang dibenci Allah

*1. Sombong*

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim no. 91)

Sombong merupakan perangai tercela yg mengundang murka Allah, Rasulullah Bersabda

Allah berkata Kemuliaan adlah sarungku dan kesombongan adalh selendang ku, maka barangsiapa menyaingi ku dlm satu diantara dua hal tersebut, aku akan mengazabnya ( HR. MUSLIM )

```Contoh org yg sombong adlah```

_1. Fir'aun_

Fir'aun itu amat terkenal kesombongannya. Saking sombongnya, dia menganggap dirinya tuhan. Allah SWT mengutus Nabi Musa a.s dan Nabi Harun a.s untuk mendakwahinya sebagaimana tertulis dalam Al-Quran surat Thaha ayat 43-44:

"Pergilah kamu berdua kepada Fir'aun, sesungguhnya dia telah malampaui batas;maka berbicalah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut mudah-mudahan ia ingat atau takut."

Tapi Fir'aun tak bergeming. Kesombongannya makin tak terbendung dan kian membumbung. Nasihat yang disampaikan oleh Musa dan Harun tak digubris meski sudah diiringi mukjizat. Kedua nabi tidak punya pilihan. Mereka pun mendakwahi Fir'aun secara lebih terbuka dan lebih keras. Kerasnya sikap Nabi Musa a.s. terekam dalam Al Quran Surat A-Isra ayat 101-102: 

Dia (Musa) menjawab: “Sungguh, engkau telah mengetahui, bahwa tidak ada yang menurunkan (mukjizat-mukjizat) itu kecuali Tuhan (yang memelihara) langit dan bumi sebagai bukti-bukti yang nyata; dan sungguh, aku benar-benar menduga engkau akan binasa, wahai Fir’aun.” 

TDK sulit bagi Allah utk membinasakan Manusia yg sombong seperti Fir'aun

_2.Thomas Andrews_

Di balik kemegahan kapal Titanic terdapat seorang desainer kapal terkenal yaitu Thomas Andrews.

Ia berhasil membuat sebuah kapal yang sangat besar, mewah sekaligus canaggih pada zamannya.

Thomas sendiri terkenal sangat teliti dalam mendisain sesuatu, tak terkecuali kapal Titanic.

Beberapa saat setelah Titanic selesai dibuat, Thomas Andrews memberikan pernyataan yang mengejutkan terkait kapal ciptaannya tersebut.

Ia mengatakan bahwa tidak akan ada yang bisa membuat kapal Titanic tenggelam, bahkan Tuhan Sekalipun.

Tapi kapal tersebut justru tenggelam karena menabrak gunung Es, Korban tewas mencapai 1514 termasuk Thomas Andrews
sendiri juga ikut tewas dalam kecelakaan tersebut.

_3. Campinas seorang remaja di Brazil_

Dijemput segerombolan teman mabuknya,
Tapi karena khawatir, ibu dari temannya tersebut menemani sampai ke mobil kemudian berkata “Tuhan akan selalu bersamamu sayang”.

Tak disangka anaknya tersebut malah mengatakan bahwa jika bisa ikut, maka Tuhan harus duduk di bagasi mobil.

Beberapa jam kemudian, mobil yang ditumpangi anaknya tersebut mengalami kecelakaan parah.

Seluruh penumpang dalam mobil itu tewas seketika. Anehnya, meskipun hampir semua bagian mobil tersebut rusak tapi bagasi mobilnya tetap mulus.

Itulah 6 kejadian seseorang yang menghina Tuhan kemudian tewas beberapa saat setelah itu.

Semoga hal tersebut dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. Karena sesungguhnya setiap perkataan adalah doa, maka alangkah lebih baik jika kita menjaga omongan dan tidak asal bicara

*3. Rakus lagi pelit*

Dari Ka’ab bin Mâlik Radhiyallahu anhu ia berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dua serigala yang lapar yang dilepas di tengah kumpulan kambing, tidak lebih merusak dibandingkan dengan sifat tamak manusia terhadap harta dan kedudukan yang sangat merusak agamanya.”

Rasulullah sallallahu alaihi wasallam :

لاَ يَجْتَمِعُ الشُّحُّ وَ اْلإِيْمَانُ فِي قَلْبِ عَبْدٍ أَبَدًا “

Sifat kikir dan iman tidak akan berkumpul dalam hati seseorang selama-lamanya.” [Al-Musnad, karya Ahmad 14/202, no. 8512, dan Shahih Ibni Hiban 8/43, no. 3251. 

Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda ;

Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jauhilah (takutlah) oleh kalian perbuatan dzalim, karena kedzaliman itu merupakan kegelapan pada hari kiamat. Dan jauhilah oleh kalian sifat kikir, karena kikir telah mencelakakan umat sebelum kalian, yang mendorong mereka untuk menumpahkan darah dan menghalalkan apa-apa yang diharamkan bagi mereka”. (HR: Muslim).

Dua balasan kontan di dunia bagi rakus

1. Allah cerai beraikan urusannya
2. Dunia TDK menghampirinya

*4. Suka teriak dipasar*

Demi mengejar keuntungan byk org melakukan kecurangan, menyembunyikan kecacatan dgn meatas namakan Allah tapi menipu

*5. Bangkai di malam hari*

Menghabiskan malam utk maksiat dan tidur sampai pagu, seperti menunggu detik-detik malam tahun baru, melakukan sesuatu yg sia2 dgn menjadikan budaya, akhirnya TDK bisa melakukan sholat subuh

*6. Keledai di siang hari*

Siang mencari kesenangan Dengan melupakan nikmat Allah sehingga TDK melaksanakan perintah Allah Krn disibukkan dgn perkara dunia

*7.pintar masalah dunia namun bodoh perkara akhirat*

Rasulullah shallallahu’alaihi
wasallam bersabda,

“Sesungguhnya Allah ta’ala membenci orang yang pandai dalam urusan dunia namun bodoh dalam perkara akherat”. (HR. Al-Hakim ,dishahihkan oleh al-Albani)

Ketika hidup pamer kekayaan, pamer jabatan, pamer pekerjaan, pamer prestasi, ketika mati baru lah sadar yg dlu dibanggakan dan mati2an mendapatkan nya, tak satupun menolongmu, itulah bangkai dunia.

Wallahu a'lam bishwab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunnah Harian

Bentuk-bentuk Dakwah

Bentuk-bentuk dakwah dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu: 1.       Dakwah bi al-lisan , artinya penyampaian pesan dakwah melalui lisan berupa ceramah, khutbah, pidato, nasihat atau komunikasi antara da’i dan mad’u . Dalam menyampaikan pesan dakwah, da’i harus berbicara dengan gaya bahasa yang berkesan, menyentuh dan komunikatif. Bahasa lisan yang harus digunakan dalam berdakwah yaitu perkataan yang jujur, solutif terhadap permasalahan yang dihadapi mad’u, menyentuh kalbu, santun, menyejukan dan tidak provokatif serta tidak mengandung fitnah. 2.       Dakwah bi al-Qalam ialah suatu kegiatan menyampaikan pesan dakwah melalui tulisan, seperti kitab-kitab, buku, majalah, jurnal, artikel, internet, spanduk, dan lain-lain. Karena dimaksudkan sebagai pesan dakwah, maka tulisan-tulisan tersebut tentu berisi ajakan atau seruan mengenai amar ma’ruf dan nahi munkar. Dakwah bi al-Qalam itu memiliki banyak keunikan dan kelebihan, yakni suatu tulisan tidak dibatasi ruang dan wa

maf’ul bih terbagi menjadi dua

Perlu diketahui bahwa maf’ul bih terbagi menjadi dua 1. Sharih Maf’ul bih yang Sharih terbagi juga menjadi dua : a.) Isim Zhahir. Contoh : a. قتل قردا جميلا (Dia membunuh seekor monyet yang bagus) قتل قردا جميلا فعل الماضى مفعول به : منصوب بالفتحة منعوت نعت Maf’ul bih diatas berupa isim mufrod, ‘alamat nashabnya adalah fathah. b. ستلقي اباها غدا(Besok dia akan bertemu dengan ayahnya) ستلقي اباها غدا فعل المضارع مفعول به : منصوب بالألف لأسماء الخمسة ظرف الزمان Contoh Maf’ul bih diatas berupa Asmaul Khomsah (اسماء الخمسة ), dan ‘alamat nashabnya berupa alif c. أ رأيت درّاجاتٍ في قريب البيت؟ sepeda-sepeda didekat rumah itu) (Apakah dirimu melihat أ ...رأي..... ..ت السياراتِ حرف الإستفهام فعل الماضي فاعل مفعول به : منصوب بالكسرة Maf’ul bih diatas berupa jamak muanats salim, dan ‘alamat nashabnya berupa kasroh. b.) Isim Dhamir Dhamir terbagi menjadi dua : 1.) Dhamir Muttashil. Jumlahnya ada dua belas. Contoh : § ضربني : dia telah memukulku § ضربنا : dia