Langsung ke konten utama

Nama hari dan bulan di masa Jahiliyah

Nama-Nama Hari dan Bulan di Masa Jahiliyah

Terdapat perbedaan mencolok antara masyarakat Arab pra Islam dan Arab Islam dalam menyebut waktu-waktu mereka. Artinya, pengaruh Islam begitu besar di masyarakat Arab. Sehingga sangat kentara mana budaya Arab dan syariat Islam.

Nama Hari

Nama-nama hari di masyarakat jahiliyah adalah sebagai berikut:

Hari Sabtu (السبت) dulu dikenal dengan nama Syiyar (شِيَار).

Hari Ahad (الأحد) di masa jahiliyah disebut Awwal (أَوَّل).

Hari Senin (الاثنين) disebut dengan Ahwan (أَهْون) atau Awhad (أوْهَد).

Hari Selasa (الثلاثاء) disebut dengan Jubar (جُبَار).

Hari Rabu (الأربعاء) disebut dengan Dubar (دبُار).

Hari Kamis (الخميس) disebut dengan Mu’nis (مُؤْنِس).

Dan hari Jumat (الجمعة) disebut dengan ‘Arubah (عَرُوبة).

Sistem Penanggalan

Dalam sistem penanggalan, orang-orang Arab jahiliyah membagi satu bulan menjadi 10 bagian. Setiap bagian terdiri dari 3 hari. Pembagiannya seperti berikut ini:

Gharar (غرر) adalah sebutan untuk 3 hari di awal bulan. Gharar ini adalah malam-malam saat bulan sabit. Pada masa kita sekarang, bisa jadi kita sebut tanggal 1-3 awal bulan.

Samar (سَمَر) tiga hari berikutnya setelah Gharar. Tanggal 4-6 awal bulan.

Zahar (زهر) tiga hari setelah Samar. Tanggal 7-9 awal bulan.

Darar (درر) tiga hari setelah Zahar. Tanggal 10-12 pertengahan bulan.

Qamar (قمر) tiga hari setelah Darar. Tanggal 13-15 pertengahan bulan. Kita mengenal hari-hari ini dengan Ayyamul Bidh.

Dara’ (درع) tiga hari setelah Qamar. Yakni pada tanggal 16-18 pertengah bulan.

Zhalam (ظلم) tiga hari setelah Dara’. Yakni pada tanggal 19-21.

Tsalatsu Hanadis (ثلاث حناديس) tiga hari setelah Zhalam. Pada tanggal 22-24 akhir bulan.

Tsalatsu Dawari (ثلاث دواري) tiga hari setelah Tsalatsu Hanadis. Pada tanggal 25-27 akhir bulan.

Tsalatsu Muhaq (ثلاث محاق) tiga hari setelah Tsalatsu Dawari. Pada tanggal 27-30 akhir bulan.

Nama-nama Bulan

Sedangkan nama-nama bulan, mereka menyebutnya dengan:

Bulan Muharram (المحرَّم) disebut dengan al-Mu’tamir (المُؤْتَمِر).

Bulan Shafar (صفر) disebut dengan Najir (ناجِر).

Bulan Rabiul Awal (ربيع الأول) disebut dengan Khawwan (خَوَّان).

Bulan Rabiul Akhir (ربيع الآخر) disebut dengan Bashan (بصَان).

Bulan Jumadil Ula (جمادى الأولى) disebut dengan al-Hanin (الحَنِين).

Bulan Jumadil Akhir (جمادى الآخرة) disebut dengan Rabba (ربَّى).

Bulan Rajab (رجب) disebut dengan al-Asham (الأَصَمُّ)

Bulan Sya’ban (شعبان) disebut dengan Adil (عادل).

Bulan Ramadhan (رمضان) disebut dengan Natiq (ناتِق).

Bulan Syawwal (شوَّال) disebut dengan Wa’il (وَعِل).

Bulan Dzul Qa’dah (ذُو القعدة) disebut dengan Huwa’ (هُوَاع) atau Warnatun (وَرْنَة).

Bulan Dzul Hijjah (ذو الحجة) disebut dengan Burak (بُرَك).

Perhitungan Tahun

Adapun hitungan tahun, orang-orang membagi tahun menjadi dua bagian. Bagian pertama terdiri dari 8 bulan. Bulan-bulan inilah mereka menjalankan aktivitas mereka seperti biasa. Bagian kedua terdiri dari 4 bulan. Bulan-bulan ini adalah bulan haram. Mereka mempersembahkan 4 bulan ini untuk Tuhan mereka. Tidak boleh mengadakan peperangan di bulan itu. Tidak boleh berbuat keji dan merusak kehormatan orang lain.

Bulan haram dalam Islam adalah Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab. Walaupun namanya berbeda dengan nama-nama di masa Islam, tapi sejak dulu orang-orang Arab jahiliyah mengagungkan bulan-bulan ini. Mereka mengharamkan peperangan di bulan ini.

Sumber:
– Raghib as-Sirjani, Ta’arraf ‘ala Asma al-Ayyam wa asy-Syuhur fi Jahiliyah

Oleh Nurfitri Hadi (@nfhadi07)
Artikel www.KisahMuslim.com Bbm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunnah Harian

Bentuk-bentuk Dakwah

Bentuk-bentuk dakwah dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu: 1.       Dakwah bi al-lisan , artinya penyampaian pesan dakwah melalui lisan berupa ceramah, khutbah, pidato, nasihat atau komunikasi antara da’i dan mad’u . Dalam menyampaikan pesan dakwah, da’i harus berbicara dengan gaya bahasa yang berkesan, menyentuh dan komunikatif. Bahasa lisan yang harus digunakan dalam berdakwah yaitu perkataan yang jujur, solutif terhadap permasalahan yang dihadapi mad’u, menyentuh kalbu, santun, menyejukan dan tidak provokatif serta tidak mengandung fitnah. 2.       Dakwah bi al-Qalam ialah suatu kegiatan menyampaikan pesan dakwah melalui tulisan, seperti kitab-kitab, buku, majalah, jurnal, artikel, internet, spanduk, dan lain-lain. Karena dimaksudkan sebagai pesan dakwah, maka tulisan-tulisan tersebut tentu berisi ajakan atau seruan mengenai amar ma’ruf dan nahi munkar. Dakwah bi al-Qalam itu memiliki banyak keunikan dan kelebihan, yakni suatu tulisan tidak dibatasi ruang dan wa

maf’ul bih terbagi menjadi dua

Perlu diketahui bahwa maf’ul bih terbagi menjadi dua 1. Sharih Maf’ul bih yang Sharih terbagi juga menjadi dua : a.) Isim Zhahir. Contoh : a. قتل قردا جميلا (Dia membunuh seekor monyet yang bagus) قتل قردا جميلا فعل الماضى مفعول به : منصوب بالفتحة منعوت نعت Maf’ul bih diatas berupa isim mufrod, ‘alamat nashabnya adalah fathah. b. ستلقي اباها غدا(Besok dia akan bertemu dengan ayahnya) ستلقي اباها غدا فعل المضارع مفعول به : منصوب بالألف لأسماء الخمسة ظرف الزمان Contoh Maf’ul bih diatas berupa Asmaul Khomsah (اسماء الخمسة ), dan ‘alamat nashabnya berupa alif c. أ رأيت درّاجاتٍ في قريب البيت؟ sepeda-sepeda didekat rumah itu) (Apakah dirimu melihat أ ...رأي..... ..ت السياراتِ حرف الإستفهام فعل الماضي فاعل مفعول به : منصوب بالكسرة Maf’ul bih diatas berupa jamak muanats salim, dan ‘alamat nashabnya berupa kasroh. b.) Isim Dhamir Dhamir terbagi menjadi dua : 1.) Dhamir Muttashil. Jumlahnya ada dua belas. Contoh : § ضربني : dia telah memukulku § ضربنا : dia